Belajar Blogging Untuk Pemula


Bani Cyber Blog – Sebelumnya kita telah membahas cara membuat blog baru di blogger.com, silahkan dibaca jika kamu belum punya blog. Setelah punya blog baru, apakah kamu tidak tahu hal-hal apa saja yang harus kamu lakukan?

Bagi yang udah tahu hal apa aja yang harus dilakukan setelah punya blog baru, baca baca aja tulisan saya ini, mungkin ada sedikit informasi yang bermanfaat hehe :D. Sebelum itu, apakah kamu udah tahu apa itu blog? Dan apa saja fungsi blog itu? Untuk itu saya juga membuat artikel bagi kamu yang belum mengerti definisi lengkap mengenai blog, bisa kamu baca definisi blog nya disini.

Sudah berapa lamakah kamu mengenal blog? 1 tahun? 3 tahun? Pasti baru beberapa bulan belakangan ini, kan? Makanya kamu datang ke sini ini hehe. Tidak apa apa dan jangan malu jika kamu seorang yang baru memulai ngeblog atau bisa dibilang pemula, karena seorang master seo atau master blog pun juga memulai blog nya dari nol atau menjadi pemula.

Okelah tanpa berlama lama lagi, langsung aja kita bahas hal apa saja yang harus dilakukan setelah baru buat blog sampai jadi blog profesional, ini dia:

1.Menulis Artikel
2.Belajar Optimasi SEO
3.Pemilihan & Modifikasi Template
4.Menghasilkan Uang
5.Upgrade Domain Sendiri

Langsung saja kita bahas dari yang pertama.

1.Menulis Artikel.


Menulis Artikel sebenarnya tidak membutuhkan kemampuan khusus, kamu hanya perlu mengolah pola pikir kamu untuk menghasilkan ide ide baru untuk membuat artikel yang bagus. Tapi bukan berarti kamu boleh asal-asalan nulis artikel, Karena artikel yang kamu buat tersebut akan dibaca oleh publik atau masyarakat luas. Dan siapalah yang mau membaca artikel yang sedangkan penulis nya saja gak bisa baca.

Tapi jika blog yang kamu buat memang dibuat untuk menuangkan isi pikiran dan semua kisah atau pengalaman hidup mu itu boleh boleh saja.

Ada 2 hal yang menurut saya penting untuk diperhatikan dalam membuat artikel blog:

1.Menulis artikel harus lengkap dan bermanfaat.

Sebenarnya judul nya terbalik, seharusnya menulis artikel itu harus lah bermanfaat dan lengkap. Kamu kalau menulis artikel gimana, kawan? Ada manfaatnya gak bagi pengunjung blog kamu? Yang terpenting dalam membuat artikel itu adalah manfaat yang diperoleh pengunjung setelah pengunjung tersebut membaca artikel yang kita tulis.

Jadi, kamu dah tahu kan yang terpenting dari artikel blog? Ya, benar sekali yaitu MANFAAT.

Tulisan pada artikel/postingan itu apakah harus lengkap, kawan? Tentu, jika kamu ingin menang di Search Engine GOOGLE, kamu harus melengkap lengkapkan artikel sehingga dapat memuaskan pengunjung. Karena faktanya, Google lebih suka artikel yang lengkap dan panjang.

Misalkan, coba kamu buka salah satu artikel di web mas http://sugeng.id. Di dalam 1 artikel nya saja memiliki banyak info, sedangkan blog http://cara-banicyber.blogspot.com artikelnya asal asalan, namun informatif.

Bisa kamu tes sendiri, coba kamu buka google. Banyak tips blog sugeng.id yang berada di halaman pertama google bahkan urutan pertama google daripada blog nya saya sendiri, hehe :D.

2.Menulis artikel harus dari pikiran sendiri.

Hindarilah untuk melakukan copy paste atau istilah gaul nya copas karena copas salah satu spam google. Efek nya sebagai berikut:
a.Blog kamu dan blog yang kamu copas Akan Dihapus oleh google, atau
b.Blog kamu dan blog yang kamu copas akan Deindexed oleh google, atau
c.Artikel blog kamu akan dihapus di mesin pencari, atau
d.Dianggap blog spam, dll.

Copas adalah ide yang paling buruk untuk ngeblog menurut saya. Seperti yang saya jelaskan tadi copas merupakan spam oleh google Karena artikel yang kamu copas akan dianggap duplikat konten. Dan akan dirasakan oleh kedua belah pihak yaitu SANG PENCOPAS dan YANG DICOPAS, Yang kasihan nya blog yang dicopas karena gak buat spam malah di cap spam oleh google.

Jadi, Hindarilah jadi Copaser. Kalau kamu mau copas, copaslah inti dari artikel dan buat ulang dalam versi kamu sendiri dan bukan copas seluruh isi artikel-nya.

2.Optimasi SEO

Setelah artikel udah dibuat, jangan lupa untuk belajar optimasi seo (Search Engine Optimation) karena setelah kepuasan pengunjung kita juga perlu friendly atau ramah pada Search engine Google. Maka itu kamu perlu belajar optimasi SEO.

Kamu tidak perlu khawatir, karena di mbah google banyak tips mengenai cara optimasi seo. Jika tidak ingin susah susah kamu bisa pasang template buatan saya di blog kamu dan tentunya gratis yaitu Template Baniseo, Bisa anda download disini.

3.Pemilihan & Modifikasi Template

Template adalah pakaian dari blog. Maka dari itu, kamu perlu memilih template yang sesuai dengan kamu khususnya sesuai dengan tema blog kamu. Jika ingin template yang seo, banyak yang menyediakan template yang seo di SE Google. Bisa kamu cari sendiri atau kamu bisa pakai template buatan saya Template Baniseo, link download nya diatas.

Jika kamu nyaman dengan template kamu saat ini, kamu bisa modifikasi template yang masih kamu gunakan di blog kamu hingga menjadi seo. Namun bukan SEO saja, kamu juga perlu membuat template kamu responsive. Itu dikarenakan pengguna internet sekarang dominan menggunakan gadget smartphone.

Kamu juga harus membuat pengguna internet dan tentunya pengunjung blog kamu jadi betah di blog kamu, maka dari itu blog itu juga harus user friendly atau ramah terhadap pengguna/pemakai. Rekomendasi saya, template yang paling cocok untuk blog personal yaitu template buatan mas sugeng, cek aja sendiri di http://sugeng.id.

4.Menghasilkan Uang

Jika kamu udah pandai nulis artikel dan artikel kamu rata rata ada di halaman pertama google, itulah tanda awalnya kamu bisa daftar google adsense dan cepat diterima. Untuk itu kamu perlu baca syarat dan ketentuan untuk daftar adsense, baca disini.

Setelah Daftar ke google adsense, pastikan jangan melanggar peraturan GA. Seperti:

1.Klik Iklan Sendiri
2.Memasang Iklan GA di blog spam
3.Blog Mem-posting artikel mengenai isu sara, p*o, judi, hack dll.

Kebanyakan orang atau rata rata dari mereka mendaftar dan membuat blog hanya untuk menghasilkan uang. Itu adalah cara yang salah menurut mas sugeng, yang dituangkan pada artikelnya.

Yang Seharusnya menulis artikel yaitu kita harus pandai menulis > Daftar Adsense
Bukan, Ingin Uang > Tulis Asal Asalan > Daftar Adsense
Seperti itulah contohnya. jadi intinya, jika blog kamu udah bisa daftar di google adsense jangan lah mengabaikan peraturan yang dibuat dan telah berlaku pada Google Adsense.

5.Upgrade Domain Sendiri

Setelah akhirnya kamu udah bisa menghasilkan uang, inilah saatnya kamu beralih ke domain sendiri agar blog kamu terlihat lebih professional. Dan juga Karena google lebih suka dengan web yang memiliki karakter yang sedikit pada domain nya, Seperti ini www.domain.com dan banicyber.blogspot.com. Yang domain sendiri memiliki 10 karakter, sedangkan yang subdomain memiliki karakter 19 karakter.

Misalkan ke-2 web tersebut memiliki artikel yang sama dan kualitas artikel yang sama. Jadi, web mana yang akan di index dan di letak paling pertama? Yang domain atau subdomain? ya, yang domain pastinya. Karena domain memiliki karakter yang sedikit daripada yang subdomain.

Selain itu, upgrade ke domain sendiri itu akan memendekkan url blog kamu. Yang sebelumnya banicyber.blogspot.com menjadi blog.banicyber.net. Itu akan memudahkan pengunjung untuk mengucapkan dan menghafal blog kamu.

Jadi intinya, upgrade domain sendiri itu penting agar blog terlihat lebih professional, mudah diingat dan google lebih ramah pada blog kamu, hehe.


Tambahan

Jika ingin ngeblog, hindarilah melakukan kegiatan yang akan menyebabkan blog kamu dianggap spam blog. Oke!

Contohnya:
1.Duplikat Konten
2.Menyebar Ribuan Backlink
3.Menyebar Backlink Di Blog Spam
4.DLL Cari tahu sendiri

Itulah ringkasan singkat mengenai hal yang harus dilakukan sesudah kamu daftar blog baru hingga jadi blog profesional, Jadi jika kamu ada yang kurang paham. Bisa langsung bertanya melalui komentar, secepatnya pasti saya jawab. Belajar Tips Ngeblog.

Berlangganan via Email

Berlangganan artikel via email agar kamu mendapatkan info mengenai update artikel dari blog ini via email.


0 Tanggapan untuk "5 Hal Yang Dilakukan Setelah Buat Blog"

Post a Comment